Search

`Nokia Harus Lirik Android Sekarang Atau Tidak Sama Sekali` - Liputan6.com

`Nokia Harus Lirik Android Sekarang Atau Tidak Sama Sekali`

Liputan6.com, Espoo : Di segmen smartphone, Nokia selama ini cukup setia bermitra dengan Microsoft untuk menghasilkan rangkaian handset bersistem operasi Windows Phone. Namun terbatasnya ekosistem Windows Phone, khususnya di sektor kelengkapan aplikasi membuat varian smartphone berbasis Windows Phone kurang mendapatkan respon positif di pasaran dibandingkan dengan ponsel pintar berbasis Android.

Seorang analis dari Bernstein Research, Pierre Ferragu menilai Nokia harus mulai memproduksi smartphone dengan sistem operasi Android sekarang atau tidak sama sekali. Menurutnya, Nokia harus berkaca pada kesuksesan vendor lain yang berhasil memasarkan smartphone dengan sistem operasi berbeda.

Menurut Ferragu, lambannya perkembangan Windows Phone bisa mengakibatkan kerugian yang besar bagi Nokia dalam waktu dekat, baik dalam hal restrukturisasi, dukungan pemasaran/distribusi, hingga operasional. Akan sangat terlambat jika masalah ini tidak diatasi dalam beberapa tahun mendatang.

Seperti yang diketahui, Nokia kini masih bergantung pada penjualan jajaran produk feature phone -- seri Asha khususnya -- yang menyasar pasar kelas menengah ke bawah. Hal ini untuk sementara cukup berhasil menutupi kerugian yang disebabkan oleh lambatnya pertumbuhan penjualan smartphone Windows Phone.

Namun jika memang ingin beralih ke Android, Nokia harus menghadapi beberapa masalah terlebih dulu. Selain adanya biaya lisensi yang mungkin akan diterapkan Microsoft seperti pada Samsung atau HTC, pihak Nokia sendiri melalui CEO Stephen Elop beberapa waktu lalu pernah mengatakan bahwa sistem operasi Android kurang sesuai dengan spesifikasi teknis yang diusung handset besutan Nokia.


Dilansir laman Cnet, Selasa (2/6/2013), sampai saat ini pihak Nokia belum menunjukkan gelagatnya untuk turut mengadopsi sistem operasi Android. Patut dinanti apa langkah yang akan diambil Nokia untuk terus bertahan di pasar smasrtphone global.

(dhi/dew/*)

http://tekno.liputan6.com/read/627823/nokia-harus-lirik-android-sekarang-atau-tidak-sama-sekali


Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "`Nokia Harus Lirik Android Sekarang Atau Tidak Sama Sekali` - Liputan6.com"

Posting Komentar