Search

Tahun Depan, Mahakan&Tangguh Topang Pasokan Migas

INILAH.COM, Jakarta - Produksi dari Blok Mahakam, Kalimantan Timur, dan Lapangan Tangguh, Papua di tahun depan akan lebih banyak mendominasi pasokan migas domestik.

Pengamat Ekonomi Energi dari Reforminer Institute, Komaidi Notonegero menjelaskan, perkiraan tersebut karena dua blok terbukti memiliki cadangan gas yang masih cukup besar untuk menyuplai kebutuhan dalam negeri. "Perolehan gas paling besar itu dari Blok Mahakam dan Tangguh. Saya kira itu yang akan mendominasi suplai gas domestik tahun depan," ujar dia di Jakarta, Jumat (7/6/2013).

Kini, cadangan migas terbukti dari Blok Mahakam sendiri berkisar 360 ribu barel oil ekuivalen per day (BOEPD) dengan cadangan gas sebesar 2 triliun cubic feet (tcf). Ada pun cadangan gas terbukti dari lapangan gas Tangguh sebesar 14 tcf.

Seiring suplai produksi serta penetapan acuan Domestic Market Obligation (DMO), maka kebergantungan pasokan dari kedua tempat tersebut akan cukup besar di tahun depan.

Untuk proyeksi lifiting minyak dan gas bumi (migas) di 2014 sebesar 2.090-2.150 barel oil ekuivalen per day (BOEPD) merupakan angka yang terbilang tidak jauh berbeda dengan capaian hasil produksi di tahun ini.

Komaidi menjelaskan, dalam praktek bisnis migas di tahun depan, angka tersebut memang cukup moderat jika melihat proyek-proyek migas yang kini sedang berjalan.

"Memang saya lihat tidak akan jauh berbeda. Praktek bisnis memang hanya angka tersebut yang bisa dihasilkan. Angka itu sudah sangat moderaT," ujar Komaidi. [hid]

08 Jun, 2013


-
Source: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/1997443/tahun-depan-mahakantangguh-topang-pasokan-migas
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Like THIS :
Share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di BDariku

Belum ada komentar untuk "Tahun Depan, Mahakan&Tangguh Topang Pasokan Migas"

Posting Komentar